BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE MANADO RADJA MEDIAONLINE

Mahasiswa KKN UNAND Adakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Organik Limbah Sayur

Caption: Para mahasiswa KKN UNAND sedang menjelaskan proses pembuatan larutan cairan EM4 dengan gula merah halus ke dalam air untuk pembuatan pupuk kompos organik limbah sayur (20/07/2023) (Nabila Annisa)

Oleh Nabila Annisa, Dien GA Nursal

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas (KKN UNAND). Dibawah bimbingan Dr.dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, MKM mengadakan pelatihan pembuatan pupuk kompos organik limbah sayur di TPS3R KSM Sehat Sejahtera Desa Cubadak Mentawai, Pariaman Timur, Sumatera Barat pada Kamis (20/07/2023). Acara ini diadakan dalam rangka pelaksanaan salah satu program kerja (proker) membantu Pembangunan Desa (BANGDES).

Tim KKN UNAND Cubadak Mentawai telah memiliki proker KKN, diantaranya adalah kegiatan membantu Pembangunan Desa (BANGDES), Kegiatan Sosial Kemasyarakatan (SOSMAS), Kegiatan Penerapan IPTEK, kegiatan umum dan khusus seperti membantu menyelenggarakan kegiatan seremonial, upacara bendera, bimbingan belajar di sekolah, membantu program pengabdian masyarakat bersama DPL dan lain-lain.

Kegiatan BANGDES yang dikoordinir oleh Ucok Editya Sihombing ini dilaksanakan dan dihadiri oleh Kelompok Tani dan masyarakat sekitar. Meskipun hujan mengguyur desa Cubadak Mentawai, namun acara tetap berjalan dengan lancar. Masyarakat diberikan arahan dan edukasi sebelum melakukan pelatihan tentang hal-hal apa saja yang diperlukan dalam pembuatan kompos organik, tantangan serta manfaat yang diperoleh.

“Masyarakat mendapatkan pemahaman tentang bagaimana sampah yang tidak memiliki nilai ekonomis menjadi berguna dengan memanfaatkan limbah sampah sayur-sayuran  yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan sekitar,” ucap Ucok. Selain itu, memanfaatkan limbah sayur untuk pembuatan kompos merupakan salah satu cara untuk menjaga lingkungan sekitar karena menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Ada beberapa bahan yang diperlukan dalam pembuatan pupuk kompos ini yaitu: 

1. Plastik hitam ukuran besar

2. Limbah sayur 5 kg

3. Pupuk kandang sapi 

4. Cairan EM4 satu tutup botol

5. Gula merah halus 1 ons

6. Air 5 liter

Untuk membuatnya terdiri dari tiga lapisan, yaitu sebagai berikut.

1. Lapisan pertama diisi dengan limbah sayur yang sudah dicacah sebanyak 5 kg diatas plastik hitam. Sisakan ¾ bagian plastik agar dapat menutup pupuk kompos yang akan dibuat.  Jenis sayur yang dipakai boleh jenis apa saja.

2. Lapisan kedua adalah lapisan yang diisi dengan pupuk kandang. 

3. Tambahkan cairan EM4 dan gula merah halus dengan air sebanyak 5 liter

4. Pada lapisan ketiga, siram larutan yang sudah disiapkan tadi ke media tanah yang sudah dibuat.

5. Terakhir, tutup dengan plastik hitam.

Setiap satu kali seminggu, pupuk kompos yang telah diplastik tadi di aduk. Pupuk kompos organik siap dipakai dalam waktu satu bulan. Agar pembuatan pupuk kompos organik berhasil maka pastikan tidak ada celah yang masuk ketika pupuk kompos telah ditutup dengan plastik. Selain itu juga tidak boleh terkena cahaya matahari langsung. Keberhasilan dalam pembuatan pupuk kompos adalah ketika pupuk yang sudah dicampur dengan sayur berubah menjadi tanah dan tidak memiliki aroma.

Posting Komentar

0 Komentar